Berita

Seremonial Hibah Dana Bergulir Pemberdayaan UMKM Pemula dan Kompetisi Wirausaha Muda Istimewa

Sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan kepada lingkungan dan sejalan dengan visi dan misi Bank BPD DIY untuk turut serta mengembangkan UMKM, Bank BPD DIY menyalurkan dana bergulir kepada usaha produktif dan wirausaha muda melalui UKM Center Bank BPD DIY.
Dana bergulir tersebut disalurkan melalui Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kepada binaan LPM UAD dan mahasiswa wirausaha. Kegiatan yang kami selenggarakan bertujuan untuk memupuk hubungan kelembagaan antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Bank BPD DIY dan agar pendampingan dan pemberdayaan kepad UMKM dapat dilakukan secara efektif dan efisien.
Sasaran program ini adalah kepada para UMKM binaan LPM UAD yang membutuhkan modal, baik perorangan maupun yang tergabung dalam kelompok atau cluster pemula serta kepada para wirausaha muda (mahasiswa UAD) yang memenuhi persyaratan melalui Kompetisi Wirausahaan Muda Istimewa.
Kemitraan dan pendampingan dilakukan oleh Bank BPD DIY melalui UAD kepada perorangan/ kelompok dalam cluster usaha produktif pemula. Pelaksanaan kompetisi wirausaha muda sesuai dengan syarat dan ketentuan dari LPM UAD dan Bank BPD DIY untuk memperoleh Wirausahaan Muda Istimewa yang dapat mengaplikasikan konsep usaha . Perjanjian Kerjasama Program Dana Bergulir Pemberdayaan UMKM Pemula dan Kompetisi Wirausaha Muda Istimewa sudah ditandatangani pada tanggal 31 Desember 2015 dengan Akta Pernyataan Hibah Notariil Nomor 131 tanggal 31 Desember 2015 oleh Notaris Hesti Trisnaningtyas, SH., MH., MKn.
Seremonial hibah dana ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2016 di Kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan dengan dihadiri oleh Direktur Utama Bank BPD DIY serta Rektor dan Wakil Rektor Universitas Ahmad Dahlan.
Program senilai Rp 100 juta dengan rincian adalah sebagai berikut :

I. Dana Bergulir
Dana bergulir disalurkan pada beberapa UMKM binaan LPM UAD melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) UAD. Proses pemilihan dan penentuan penerima hibah dana bergulir langsung diberikan oleh Tim LPM UAD kepada UMKM binaan UAD sebesar Rp 80 juta Monitoring dana yang digulirkan oleh UAD akan dilakukan enam bulan sekali selama tiga tahun.

II. Kompetisi Mahasiswa Wirausaha Muda Istimewa Hibah dalam bentuk dana pembinaan sebesar Rp 20 juta bagi wirausaha terbaik. Kompetisi Wirausaha Muda Istimewa untuk mahasiswa ini bertujuan untuk memotivasi para wirausaha pemula di kampus untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. Syarat peserta kompetisi adalah mahasiswa dari UAD baik kelompok maupun perorangan dengan penjurian dilaksanakan oleh pihak Tim LPM UAD dengan kriteria :
  1. Produk barang jasa : Kreatifitas, Inovasi
  2. Deskripsi usaha : Bahan baku, proses, mitra
  3. Pemasaran : Jangkauan, strategi
  4. Keuangan : cashflow, menguntungkan
  5. Potensi pengembangan usaha dapat dilaksanakan
  6. Dampak : masyarakat, tenaga kerja