Artikel

Menapaki Usia 54 Tahun Bank BPD DIY Fokus Membina UMKM Melalui UKM Center Bank BPD DIY

UMKM di DIY membutuhkan dukungan sarana dan prasarana, jasa konsultasi dan pendampingan untuk dapat meningkatkan nilai tambah yang optimal. Dan sesuai dengan visi dan misi Bank BPD DIY yang fokus di pengembangan UMKM, maka peran dan fungsi strategis Bank BPD DIY dalam upaya pencapaian visi dan misi tersebut dilaksanakan dengan dibentuknya UKM Center Bank BPD DIY. UKM Center Bank BPD DIY dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan diri melalui pelatihan, konsultasi, pengetahuan tentang cara pemasaran, berorganisasi, manajerial dan melakukan inovasi produknya. Hal ini membuktikan bahwa pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Bank BPD DIY tidak hanya terbatas melalui pemberian kredit semata, tetapi juga melalui pemberian fasilitas sarana prasarana dan pendampingan dari berbagai aspek antara lain : aspek produksi, aspek pemasaran dan aspek keuangan. Disamping itu UKM Center dapat berperan sebagai pusat informasi bisnis untuk mempertemukan penjual dan pembeli (seller dan buyer) secara online melalui website UKM Center Bank BPD DIY www.ukmcenter.bpddiy.co.id guna memfasilitasi dan melaksanakan pengembangan UMKM agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang kuat, dan berdaya saing global serta mengembangkan kemitraan bagi UMKM baik di tingkat nasional maupun di tingkat global.

Berbagai permasalahan masih harus dihadapi oleh UMKM kita, baik internal maupun eksternal. Permasalahan yang berada disekitar UMKM adalah akses pada permodalan, aspek pemasaran, pengembangan teknologi, aspek legalitas dan HAKI, manajemen usaha, dan juga kompetensi sumber daya manusia, terlebih di awal 2016 sudah memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Dalam rangka HUT ke-54, Bank BPD DIY berkomitmen untuk membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dan berusaha mengembangkan kemampuan dan meningkatkan kelas/cluster UMKM yang semula pengusaha mikro, menjadi kecil, kecil menjadi menengah dan menengah menjadi besar, melalui pembinaan UMKM oleh UKM Center Bank BPD DIY. Sampai dengan bulan November 2015, outsanding loan (OSL) Bank BPD DIY sebesar Rp 5.494 miliar, yang terdiri dari 51% di sektor produktif dan 49% konsumtif. Dari sektor produktif yang sebesar Rp 2.794 miliar, 71% disalurkan kepada UMKM yaitu sebesar Rp 1.976 miliar yang terdiri dari 27.444 debitur. Sedangkan pada posisi Desember 2014 sebesar Rp.1.759 miliar, atau tumbuh sekitar 13 % dari tahun 2014.

Bank BPD DIY mempunyai keinginan untuk menjadi banknya masyarakat di DIY dan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan UMKM di Yogyakarta. Melalui UKM Center Bank BPD DIY diharapkan keinginan tersebut bisa terwujud, karena UKM Center mempunyai peran dan fungsi strategis dalam upaya pencapaian visi dan misi Bank BPD DIY yaitu fokus di pengembangan UMKM. Untuk pelaku UMKM dan masyarakat yang peduli dengan pengembangan UMKM bisa bekerjasama dengan UKM Center Bank BPD DIY dalam mengawal cita-cita mendampingi dan mengembangkan UMKM di DIY.

Christina Hariarsi
Ketua UKM Center Bank BPD DIY